twitter
rss

14-05-2011

heran deh.. iya, heran sama judulnya! :P . tapi ini gue cuma ngingetin aja agar loe-loe pada waspada sama 'harga' barang yang terkadang bisa mengecoh para pembelinya . secara , gue pernah kena 'tipu' abang tukang ketoprak yang sepertinya biasa mangkal di Depan Yasmin Centre . gini ceritanye..

waktu itu tanggal 3 maret 2011, gue dan temen" abis pulang renang di Yasmin . Gue laper, dan gue ajakin temen" gue buat pada makan . Dan gue liat ada tukang ketoprak . wahh.. kayanya enak tuh.. :9

"eh.. mau pada beli ketoprak ga?"
"lo?"
"pengen sih.. tapi harganya berapa ya? kalo 5rb gue mau"
"bang.. bang.. berapaan?"
"5rb"
"2 deh bang!"

beberapa saat kemudian, gue n temen masih makan, sementara ada pembeli lain yang udah beres makan juga dan mau bayar. dia bayar buat 2 piring.

"10rb ya bang?"
"11rb neng.."



lha..??? gue dari situ bingung, harganya 5rb, beli 2 harusnya jadi 10rb donk? kok ini 11rb?? gue mulai agak curiga nih.. hmm... dan setelah gue selesai makan gue un bayar . karna temen gue ga ada duit kecil #ceileh akhirnya dibayar dulu pake duit gue..

"bang, 10rb ya?"
"11rb neng.."
(dalam hati) "11rb..??"
"ohh.. ini bang"

kemudian gue cerita ke temen" gue yang lain.

"eh, masa ya, ketoprak harganya 5rb, beli 2 jadi 11rb? harusnya kan 10rb!"
"lho kok gitu?"
"gak tau.. makanya.. aneh kan?"
"mungkin maya pake tambahan kali!"
"nggak. biasa aja. nih ya, isinya itu cuma ketupat, bihun, tahu ma toge. udah gitu gak terlalu enak. gak berasa bumbunya!"
"terus kok bisa jadi 11rb?"
"ga tau, tadi juga ada yang beli 2, sama. jadi 11rb!"
"plus pajak kali!"
"dihh.. atau mungkin karna kita dikasih minum? atau kerupuk? soalnya dikasihnya dipisah gitu!"
"ihh.. masa cuma kerupuk ma minum doank jadi 11rb?"
"gak tau deh.. penipuan nih namanya!!"

semenjak saat itu gue trauma beli ketoprak disitu! gue gak mau beli lagi! mending beli di 'kantin' sekolah gue! harganya 3rb, banyak (kalo dipisah), bumbunya enak, isinya ketupat, bihun, tahu, ma sayuran+kerupuk! minumnya si beli lagi di warung sebelah :P hoahh.. hati" aja tuh.. gak bisa dibiarkan begini terus! kalo mau jualan, harus yg jujur donk! X(

pernah juga beli ice cream durian di taman kencana. yang jualnya mbak". tadinya yang mau beli tuh 3 orang, gue-nisa-ulvan. tadinya kita kira harganya 2rb aja, tapi setelah ditanyakan..

nisa : "ice creamnya berapa mbak?"
gue : (keluarin duit 5rb)
mbak : "7rb"
gue : "berapa nis?"
nisa : "7rb"
gue : (nelen ludah. pucet. masukin duit ke kantong)
mbak : "tapi kalo buat pelajar gapapa jadi 5rb"
bertiga : (senyam senyum)
nisa : "siapa yang mau beli?"
gue : (geleng" kepala)
nisa : "ulvan mau gak?"
ulvan : "lu?"
nisa : "ulvan mau gak? mau gak?!"
ulvan : "emmh... iya deh mau"
nisa : "mbak beli ice-nya 1 (satu)!"
gue : (dalam hati) "eh, buset kirain si nisa mau beli juga! hahaha kesian ulvan jadi tumbal! XD)

setelah selesai membeli kita bertiga kembali ke temen" dan langsung tertawa terbahak-bahak.. wahahahahahaho.. ohokk.. ohokk.. XD

"nisa jahat bgt sih!? kirain mau beli juga! eh, malah jadiin ulvan tumbal!"
"atuh da meni bagus! harganya 7rb, tapi gapapa buat pelajar 5rb. tetep aja mahal!"

hehehe.. yaa, buat kita anak" kere yang tak beruang, harga segitu tuh mahal! X( kesian ya? ada yang berniat mentransfer uangnya untuk kami? melalui Jalinan Kasih Peduli Anak Kere :P lagian gue heran, padahal porsinya kecil! segitu mah 2rb! -__- tapi enak sih.. XP dan gue trauma beli ice cream duren di taman yasmin!

ada lagi nih.. ini antara gue-nisa-savira. waktu itu kita abis maen dari BTM. dan kita lapar, yasud kita cari makan. mau makan di foodcourt, (lagi-lagi) masalah classic --> duit. uang. money. fulus. akhirnya kita memutuskan buat makan dipinggir jalan sebelah BTM. Pasti murah <-- pikir kami . dan kamipun bergegas ke pinggir jalan .

savira : "mau beli apa?"
nisa : "somay?"
gue : "yuuk? tapi berapa ya? coba tanya deh.."
nisa : "bang, somay berapa?"
abang : "4rb, satu"
nisa : "satu?"
abang : "iya, satu."
nisa : "satu biji?"
abang : "iya. kan ada yang isinya ikan, ayam, daging.."
nisa : (kembali ke gue & savira) "harganya 4rb satu donk!"
gue : "satu?"
nisa : "iya satu. satu biji!"
gue : "dihh.. apaan?! mahal amat?"
nisa : "iya, katanya : kan isinya ikan, ayam, sapi. ih meni hayang"

hahaha.. lagi" kisah miris anak kere! X) 4rb aja mahal bgt! tapi coba anda-anda bayangkan! SEBIJI Siomay dengan pilihan isi berharga 4rb rupiah!!! bayangkan oleh anda, berapa banyak orang yang bisa mati kelaparan karna harga 1 siomay yang mencapai 4rb?! dikampung gue, kalo ada tukang siomay beli 4rb bisa dapet sepiring gede n kenyang!!! pake telor lagi !

hmm.. gue rasa ini akibat global warming dan efek rumah kaca! atau mungkin karna semakin banyaknya jumlah angkot di kota bogor! d(ToT)

kalo menurut gue, kalo ingin menjadi pedagang sukses, terutama dalam bidang kuliner dan perkakas, jual lah makanan yang 'merakyat'! pas di rakyat, enak di rakyat. makanan rakyat, makanan semua orang. makanan mewah, mahal, modern, belum tentu makanan semua orang! apalagi harganya! XD harga sesuaikan dengan rasa, kualitas dan terutama porsinya! SETUJUUUU?????

*MENERIMA*
- Sumbangan dana untuk orang" kere
- Sedekah untuk orang" kere
- Kenyamanan hidup untuk orang" kere
- Kemudahan berbelanja untuk orang" kere

0 komentar:

Posting Komentar